Rabu, 28 Desember 2011

manfaat shalat

Manfaat, Keuntungan, Kelebihan dari Sholat Berjamaah di Masjid/Mushola

Ibadah sholat/shalat adalah ibadah wajib yang harus dilakukang oleh semua umat islam tanpa terkecuali mulai dari beranjak dewasa sampai masuk ke dalam liang lahat (meninggal dunia). Bagi laki-laki/pria sholat secara berjamaah di masjid atau musholla juga merupakan kewajiban yang tidak bisa ditawar-tawar kecuali ada halangan yang serius. Sedangkan bagi yang perempuan/wanita ibu rumah tangga justru sholat di rumah yang paling utama.
Sebenarnya apa saja sih manfaat, keuntungan, kelebihan serta kebaikan solat/salat berjama'ah bersama-sama di masjid/musola tepat pada waktunya :
1. Mendapatkan pahala/kebaikan dari Allah SWT 27 derajat lebih tinggi daripada sholat sendiri (Satu derajat jaraknya antara langit dengan bumi).
2. Sholat malam berjamaah di masjid pahalanya sangat besar sekali sehingga apabila manusia tahu maka mereka akan rela pergi ke masjid walaupun harus merangkak/merayap.
3. Bisa berkomunikasi dan silaturahmi dengan saudara muslim seiman dan seagama lainnya. Memberi senyum, jabat tangan dan salam saja sudah besar pahalanya. Namun jangan berisik, rusuh, berbuat maksiat atau berbuat sesuatu yang tidak perlu di dalam masjid/musholla.
4. Bisa sholat di awal waktu sehingga kita tidak akan takut lupa sholat atau kelewat shilatnya karena kebiasaan kita yang suka menunda-nunda waktu mengerjakan sholat wajib shubuh, dhuhur, ashar, maghrib dan isya. Hidup kita akan jauh lebih tenang karena hidup lebih teratur/disiplin tidak perlu ingat-ingat sudah sholat atau belum.
Itulah beberapa kebaikan jika kita selalu sholat berjama'ah di masjid atau mushola di mana pun kita berada baik di rumah, di kantor, di sekolah, di kampus, di jalan/perjalanan, di pasar, dan lain sebagainya. Apabila anda memiliki tambahan silahkan gunakan fitur komentar di bawah ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar